Tips hialngkan baju bau apek

Tips Mencegah Bau Apek Pada Pakaian Laundry

Kebanyakan bau apek pada baju timbul saat baju tersebut ditaruh di lemari. Namun demikian asal muasal bau apek dapat muncul sewaktu baju itu ditaruh di lemari lho. Bisa saja sewaktu mencuci dan mengeringkan baju tidak sempurna alias masih kotor. Terkadang kita “main semprot” parfum atau deodoran saja ke baju yang bau tadi. Alih-alih mendapatkan bajunya wangi tapi malah tinggalkan jejak noda.

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau apek pada pakaian laundry, ada baiknya kita mengenal cara pencegahan bau apek tersebut. Bukankan mencegah lebih baik daripada mengobati?


Tips Mencegah Bau Apek pada Pakaian


Seharusnya pakaian yang sudah dicuci dan disimpan di lemari tak perlu disisipkan kapur barus banyak-banyak. Salah-salah malah baju yang kita kenakan jadi bau kapur barus. Ini malah tidak nyaman. Taruh kapur barus secukunya saja, kapur ini gunanya untuk menyerap kelembabapan udara dan mengusir ngengat pakaian. Lagian banyak orang yang beranggapan kalau baju bau kapur barus menandakan baju tidak terawatt. Benar tidak sih? Berikut ini tips mencegah bau apek pada baju:

  1. Tahap Pencucian Pakaian
    Pastikan noda-noda dibersihkan dahulu apalagi noda berat seperti tanah, jangan langsung cemplung ke mesin cuci. Cucian perlu dibilas sampai tuntas supaya sisa-sisa deterjen hilang. Gunakan deterjen cair rendah busa agar mencuci lebih tuntas samapi benar-benar sisa deterjen hilang. Terlalu banyak busa menyebabkan kinerja mesin cuci berat dan tidak selesai-selesai proses pencuciannya karena masih terdapat sisa deterjen.

  1. Tahap Pengeringan dan Penjemuran Pakaian
    Baju yang sudah dicuci langsung dikeluarkan dari mesin cuci setelah mesin cuci tersebut berhenti berputar dan langsung dikeringkan. Pengeringan bisa melalui proses manual yakni dijemur di bawah terik matahari atau melalui mesin pengering khusus pakaian (laundry dryer). Cucian diusahakan kering hari itu juga.

  1. Tahap Penyetrikaan Pakaian
    Sebelum disetrika atau digosok, pastikan pakaian benar-benar kering, tidak lembab. Sebaiknya tidak menggunakan pewangi pakaian pada saat penyetrikaan. Hindari pemakaian cairan pada saat menyetrika.

  1. Tahap Pemberian Parfum Pakaian
    Seperti yang telah disebutkan di atas, pemberian pewangi atau parfum pakaian pada saat mencuci atau setelah disetrika. Parfum laundry bisa menjadi alternatif agar pakaian tidak apek, malah wangi. Gunakan pewangi pakaian berbahan bukan air agar tidak menyebabkan baju tidak lembab lagi.

  1. Tahap Penympanan Pakaian
    Sebaiknya pakaian digantung agar mendapatkan sirkulasi udara. Tempatkan pakaian yang tidak terlalu lembab. Baju-baju yang yang sudah lama sebaiknya dikeluarkan dan diangin-anginkan secara rutin.

Cara Menghilangkan Bau Apek pada Baju


Jika Anda menemukan pakaian bau apek dan mungkin bau kapur barus yang menyengat, tips berikut ini bisa Anda praktekan di rumah asal Anda menyisihkan waktu mengerjakannnya, Masih bisa diatasi kok pakaian bau apek dan kapur barus. Anda bisa mencucinya kembali sendiri atau melalui jasa laundry kiloan yang betebaran di mana-mana. Repot dan macet ke tempat laundry, Anda bisa mencari di pencarian Google dan menyuruh pihak laundry untuk menjemputnya.Tapi bila Anda akan kerjakan sendiri, berikut tips cara menghilangkan bau apek pada baju.

  1. Jamur Pada Pakaian
    Bila pakaian ditumbuhi jamur, Anda bisa gunakan sikst gigi bekas untuk menghilangkannya. Jikalau masih bandel juga tidak bisa hilang, Anda bisa gunakan anti noda jamur.

  1. Deterjen Berkualitas
    Gunakan detrejen yang berkualitas dengan aroma yang Anda suka, Anda juga menambahkan pewangi sekaligus pelembut pakaian diapakai saat pembilasan. Pastikan buih dan residu telah hilang dengan cara membilas baju tersebut secara tuntas. Kami menyediakan deterjen berkualitas dengan rendah busa yang akan merawat pakaian dan mesin cuci Anda. Kami juga menyediaan softener laundry serta anti noda jamur serta lainnya. Hubungi saja 085773009666 via pesan Whatsapp untuk Tanya-tanya dan order.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 5 = 5

Name - City
Membeli Product Time